Pengadilan Agama Tondano

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TONDANO

Sosialisasi dan Edukasi

Senin(8/08/2022) Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa  bersama Pengadilan Agama Tondano memberikan Sosialisasi Tentang Layanan Pemberian Edukasi Kesehatan Reproduksi Anak dalam Perkara Dispensasi  Nikah   dan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Kepada Siswa Siswi antara lain di Mts  Kawangkoan. Sosialisasi ini Berlangsung selama 10 Hari Kedepan yang diadakan di beberapa sekolah. Kegitan tersebut  berkaitan dengan Tindak Lanjut Perjanjian Kerjasama (MOU) antara Pengadilan Agama Tondano dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa.

Pada dasarnya, pengetahuan kesehatan reproduksi harus dimiliki oleh para remaja. Tidak hanya bagaimana menjaga kesehatan dan fungsi organ reproduksi, tapi juga untuk menghindari remaja melakukan hal-hal yang menyimpang. Berdasarkan hal tersebut  Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dan Pengadilan Agama Tondano memberikan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi pada Remaja sehingga anak-anak mampu mengenal lebih jauh mengenai pentingnya kesehatan reproduksi. 

Selain itu sosialisasi  ini adalah sebagai upaya untuk memastikan keadaan biologis anak yang ingin menikah di bawah umur dan meningkatkan pengetahuan tentang dampak biologis, psikologis, ekonomi dan sosial bagi yang melaksanakan perkawinan pada usia dini di Kabupaten Minahasa. Melalui peran yang terintegrasi dan bersinergi, antara pusat pelayanan kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dengan Pengadilan Agama Tondano.