Pengadilan Agama Tondano

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TONDANO

Press Release Pimpinan Pengadilan Agama Tondano Dalam Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM

Bahwa pada tanggal 10 Oktober 2018, Pengadilan Agama Tondano telah melakukan pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan melibatkan semua stake holder yang berada di wilayah hukum Pengadilan Agama Tondano.

Berdasarkan pada Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Tondano Nomor W18-A4/47/PS.00/SK/III/2019 yang telah diubah dengan Nomor W18-A4/70/PS.00/SK/I/2020 tentang Pembentukan Tim Kerja Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM, maka seluruh apartur Pengadilan Agama Tondano terlibat langsung dalam pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM tersebut.

Komitmen Pengadilan Agama Tondano dalam Pembangunan Zona Integritas  berdasar pada Peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Nomor 52 tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di lingkungan instansi pemerintah, serta berdasar pada Keputusan KMA RI Nomor 58/KMA/SK/2019 tentang pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah WBK dan WBBM pada MARI dan badan Peradilan di bawahnya.

Hal ini juga menjadi salah satu program prioritas Ditjen Badilag dalam upaya public sebagaimana tertuang di dalam SK Dirjen Badilag Nomor 261 Tahun 2019.

Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM tidak hanya bersifat slogan, tetapi dapat merubah pola pikir (mind set) dan perubahan budaya kerja (culture set) aparatur Pengadilan Agama Tondano dengan bekerja secara profesional dan sesuai dengan SOP, serta menghasilkan kepribadian yang jujur serta memiliki karakter yang kua dangan anti suap (say no to pungli and say no to korupsi).

Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM dapat memutus mata rantai interaksi antara para pencari keadilan dengan aparatur PA Tondano, dimana hal tersebut dapat menjadi salah satu pintu masuknya pungli biaya perkara dan adanya markus (makelar kasus) pada Pengadilan Agama Tondano. Hal itu ditunjukan dengan adanya perubahan-perubahan yang sangat signifikan padaa Pengadilan Agama Tondano setelah adanya komitmen bersama untuk pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM dengan tersedianya sarana dan prasarana yang representative kepada para pencari keadilan.

Dengan hal yang tersebut dan diuarikan diatas maka visi Pengadilan Agama Tondano untuk mewujudkan Pengadilan Agama Tondano yang agung akan terwujud, sebagaimana “paparan Ketua Pengadilan Agama Tondano dalam akun youtube Kantor Pengadilan Agama Tondano”. Hm.