Pengadilan Agama Tondano

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TONDANO

PA Tondano Ikuti Zoom Meeting Koordinasi dan Penyusunan Rencana Anggaran 2023

Sekretaris Pengadilan Agama Tondano Bapak Muhammad Naser Wahid ,S.Sos., beserta Kasubbag PTIP dan  Operator mengikuti zoom meeting Rapat Koordinasi & Konsultasi Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Pagu Alokasi TA 2023 pada hari ini Kamis 13 Oktober 2022. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI dalam rangka menindaklanjuti Surat Bersama Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dan Menteri Keuangan Nomor : S-821/MK.02/2022 tanggal 04 Oktober 2022 tentang Penyampaian Alokasi Anggaran Kementerian/Lembaga TA. 2023. Zoom meeting tersebut juga diikuti oleh para Sekretaris Tingkat Banding pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Anggaran Pendapatan Belanja Negara TA 2023 disusun dengan optimisme untuk mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional, namun tetap mewaspadai perkembangan situasi/kondisi ekonomi, “Menteri/Pimpinan Lembaga agar merencanakan anggaran belanja secara efisien, efektif dan produktif berdasarkan prioritas kegiatan yang disusun secara cermat”, demikian pesan dari Kementerian Keuangan kepada seluruh Kementerian/Lembaga. Penggunaan anggaran secara efektif dan efisien ini diimplementasikan dengan penerapan value for money dalam belanja.

Di antara penerapan value for money tersebut yakni dengan membatasi belanja yang urgensinya rendah seperti rapat dalam kantor, perjalanan dinas dan konsinyering serta honor tim. Lalu menentukan prioritas kegiatan mana saja yang akan dilaksanakan. Ketiga dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan. Keempat mengutamakan pencapaian output dan outcome kegiatan. Terakhir meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi pelaksanaan anggaran. Kesemua metode tersebut diinstruksikan kepada seluruh Kementerian/Lembaga terkait agar dapat tercapainya penggunaan APBN yang efektif dan efisien.