Pengadilan Agama Tondano

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TONDANO

Kunjungan Perdana YM WKPTA Manado Pasca Dilantik

Hari ini Jum’at 29 November 2019, pada pukul 08.00 WITA suasana di kantor Pengadilan Agama Tondano, nampak semakin ceria dan bahagia, karena kedatangan Tamu Istimewa yaitu Yang Mulia Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, Bapak Dr. Drs. H. Mame Sadafal, S.H., M.H., dengan didampingi oleh Panitera Muda Banding PTA Manado Drs. Arisno Mertosono, S.H.

Sambil berbincang YM. Bapak WKPTA bersama Ketua Pengadilan Agama Tondano Hj. Rukijah Madjid, S.Ag., M.H., serta keluarga besar PA. Tondano, kemudian beliau berkeliling kantor untuk melihat keadaan dan kondisi kantor (gedung) PA. Tondano, dilanjutkan dengan mengadakan pertemuan diruang Ketua Pengadilan Agama Tondano.

Tepat pukul 09.00 WITA, diadakan acara Pembinaan oleh Yang Mulia Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, Bapak Dr. Drs. H. Mame Sadafal, SH.,M.H., dalam materinya YM. Wakil Ketua PTA Manado menyampaikan beberapa hal, diantara:

  1. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga PA. Tondano yang telah menyambut kehadirannya dengan penuh suka cita, keakraban, kekeluargaan dan kekompakan.
  2. Kunjungan beliau ke PA. Tondano sebagai bagian dari kunjungan serta pembinaan akhir tahun yang dilaksanakan terus menerus, oleh pimpinan PTA Manado di luar pengawasan reguler yang dilaksanakan oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah PTA Manado.
  3. Beliau mengimbau agar PA. Tondano bisa mengimplementasikan Program Prioritas Ditjen Badilag mengenai 9 (sembilan) Aplikasi, dengan benar-benar merespon dengan cara mengsukseskan program tersebut, meskipun terkendala dengan Sumber Daya Manusia serta anggarannya.
  4. Dalam melaksanakan e-court dengan meja/pojok e-courtnya dan e-litigasi dengan memaksimalkan website sebagai sarana sosialisasi media serta melalui banner secara manual, sehingga PA. Tondano dapat penghargaan yang lebih banyak lagi.
  5. Beliau mengingatkan agar tetap mempertahankan prestasi yang telah diraih dengan tetap rendah hati, dengan cara menjaga kekompakan, kebersamaan, kerja keras dan penuh semangat. Dan yakinlah……bahwa setiap prestasi yang diraih, pasti akan mendapatkan reward dari Pimpinan Mahkamah Agung RI.
  6. Bagi Hakim dan unsur kepaniteraan, agar selalu mengupdate ilmu pengetahuan, peraturan-peraturan terkini supaya menghasilkan kualitas putusan yang maksimal serta berita acara sidang yang baik.

Diakhir pembinaan, beliau juga mengingatkan bahwa Pengadilan disebut Pengadilan karena ada Hakim sebagai organ dalam memeriksa dan memutus perkara, yang didukung oleh Panitera serta Panmud, sehingga perlu dilengkapi fasilitas juga kebutuhannya oleh Sekretariat Pengadilan.

Demikian beberapa materi pembinaan YM. Bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado yang terekam, sebelumnya Ketua PA. Tondano Hj. Rukijah Madjid, S.Ag., M.H., menyampaikan selayang pandang tentang Pengadilan Agama Tondano, meliputi sejarah, profil, jumlah pegawai, keadaan perkara, hingga prestasi-prestasi yang diraih oleh PA. Tondano selama tahun 2019, Ketua menyampaikan mohon arahan dan bimbingan dari YM. Bapak Wakil Ketua PTA Manado supaya prestasi PA. Tondano dapat ditingkatkan dan dipertahankan.