Pengadilan Agama Tondano

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TONDANO

Hakim PA. Tondano ikuti Rapat Koordinasi Hakim Pengawas Bidang Hawasbid Seluruh Pengadilan di SULUT

Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI melaksanakan kegiatan dengan tema “Rapat Koordinasi Hakim Pengawas Bidang dan Penguatan Sistem Pengawasan Aparatur Peradilan seluruh Pengadilan di Sulawesi Utara”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 s.d 30 Juni 2019 bertempat di gedung Convention Centre Hotel Mercure yang dikuti oleh 60 peserta Hakim dari 4 Lingkungan Peradilan di Sulawesi Utara.

Acara tersebut oleh H. Iswan Herwin, SH.,MH Plt. Inspektur Wilayah III BAWAS bertindak sebagai Ketua Pelasana kegiatan menyerahkan pembukaan acara secara langsung kepada Nugroho Setiadji, SH (Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI).

Materi dalam Rapat Koordinasi tersebut seperti Pemuliaan Peradilan yang di sajikan oleh Drs. Ansyahrul, SH., (Mantan Kepala Badan Pengawasan periode 2008-2012), Administrasi Persidangan, Administrasi Perkara disajikan langsung oleh Kepla Inspektur Wilayah III, Gratifikasi disajikan oleh Syarief Hidayat (Direktur Gratifikasi KPK), Kebijakan Pengawasan LHKPN oleh Dr. Ahmad Syafiq, S.Ag.,SH.,MH (Hakim Yustisial BAWAS),  dan Administrasi Umum oleh Rama Rahim.

Pesan-pesan yang disajikan dalam materi selama 3 hari tersebut seperti “bahwa auditor bukan mencari kesalahan tapi mengklarifikasi kebenaran yang kemudian akan memberikan rekomendasi untuk menghilangkan sebab dan mengeliminir akibat” dan “ciri khas seorang hakim adalah ia mempunyai sifat jujur dan adil, namun jika kedua sifat tersebut telah hilang maka yang ada hanyalah seorang kriminal bertoga” menjadi kesan yang tak terlupakan dalam setiap benak peserta kegiatan Rapat Koordinasi tersebut. by.hm.