Pengadilan Agama Tondano

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TONDANO

Pengadilan Agama Tondano Ikuti Bimtek Bedah Berkas Perkara Kewarisan

Pengadilan Agama Tondano mengikuti Bimbingan Teknis  Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Pengadilan Agama, Jumat, 1 Juli 2022. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan tema “Bedah Berkas Perkara Kewarisan” yang diadakan oleh Badan Peradilan Agama, Acara tersebut diikuti oleh  Ketua, Hakim, Panitera, Panitera Muda, Panitera Pengganti dan Jurusita hadir mengikuti kegiatan tersebut melalui Zoom Meeting di ruang Media Center PA Tondano.

Adapun Tema  Bimtek  kali ini adalah “Bedah Berkas Perkara Kewarisan”. Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan apreasi terhadap aparatur Peradilan Agama di seluruh Indonesia, dimana 90% masyarakat di Indonesia dari 2000 perkara hanya 10% yang naik pada tingkat kasasi. Ini berarti masyarakat puas dengan putusan Pengadilan Agama Tingkat Pertama dan Tingkat Banding.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Bimbingan Teknis yang disampaikan oleh Hakim Agung Kamar Agama Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H. dan dimoderatori oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badilag Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. Kegiatan bimtek dilaksanakan dengan format diskusi tanya jawab setelah sebelumnya pemateri mengirimkan materi tentang Hukum Kewarisan Perbandingan antara Kompilasi Hukum Islam dan Perdata. Kegiatan bimtek berlangsung secara aktif dan interaktif dengan adanya sesi tanya jawab antara satker dan narasumber. Acara bimbingan teknis pun berakhir menjelang Shalat Jumat.