Pengadilan Agama Tondano

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TONDANO

PELAKSANAAN SIDANG DILUAR GEDUNG, SOSIALISASI APLIKASI SIPATOKAAN, DAN KONSULTASI POSBAKUM SECARA VIRTUAL PENGADILAN AGAMA TONDANO

Tondano, Kamis 23 September 2021. Pengadilan Agama Tondano menyelenggarakan Sidang Diluar Gedung secara Virtual di Desa Ratatotok II Kab Minahasa Tenggara.

Mengacu kepada Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan dan Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung RI No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, PA Tondano memberikan sebuah layanan yang menggabungkan antara sidang keliling dengan sidang virtual.

Layanan ini diinisiasikan karena lokasi tempat tinggal para pencari keadilan yang berada jauh dari gedung kantor Pengadilan Agama Tondano, serta memperhatikan kondisi ekonomi para pihak pencari keadilan yang kurang mampu dengan mengoptimalkan anggaran DIPA Pengadilan Agama Tondano Tahun Anggaran 2021 untuk memberikan pelayanan prima kepada para pencari keadilan.

Ketua PA Tondano, Sutikno S.Ag., M.H mengatakan sidang elektronik ini adalah salah satu bentuk terobosan MA-RI yang mampu memangkas jarak, waktu dan biaya bagi para pihak berperkara serta mendukung program pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 karena masyarakat tidak perlu lagi berpergian.

Untuk merealisasikan kegiatan ini Pengadilan Agama Tondano menghadapi beberapa kendala yang harus dihadapi yaitu lokasi yang akan dituju cukup jauh, akses yang sulit dilalui karena telah terjadi banjir bandang 3 (tiga) hari sebelum sidang tepatnya pada hari senin tanggal 20 september 2021.

Listrik yang tidak stabil efek dari banjir dan cuaca yang sangat panas menyebabkan beberapa alat elektronik pendukung kegiatan ini overheat (kepanasan).

Selain sidang secara virtual, Ketua Pengadilan Agama Tondano juga mensosialisasikan inovasi baru yang berbasis informasi teknologi yang bisa diakses oleh masyarakat yakni Aplikasi SIPATOKAAN “Sistem Informasi Pengadilan Agama Tondano Yang Akuntabel dan Transparan”, dalam penyampaiannya, Ketua Pengadilan Agama Tondano menjelaskan bahwa aplikasi tersebut bisa didownload di website Pengadilan Agama Tondano atau facebook Pengadilan Agama Tondano dan menjelaskan setiap poin-poin dalam aplikasi tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Pengadilan Agama Tondano membuka konsultasi para pencari keadilan dengan POSBAKUM secara online dengan tujuan mempermudah para pencari keadilan membuat permohonan / gugatan yang akan di daftarkan di Pengadian Agama Tondano.

Alhamdulillah walaupun menghadapi berbagai kendala baik sebelum dan pada saat hari sidang, akan tetapi dengan kekompakan dan komitmen seluruh aparatur Pengadilan Agama Tondano untuk melayani masyarakat pencari keadilan dan kerjasama yang baik dari pemerintah desa Ratatotok II, seluruh kegiatan bisa terselenggara dengan baik.