Pengadilan Agama Tondano

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TONDANO

PA TONDANO SELENGGARAKAN TEST DAN SIMULASI SIDANG VIRTUAL

Tondano, Senin 13 September 2021. Pengadilan Agama Tondano menyelenggarakan test sidang virtual dalam pemeriksaan perkara di Ratatotok kabupaten Minahasa Tenggara.

Ketua Pengadilan Agama Tondano dan Tim IT telah melakukan koordinasi dengan pemerintah desa Ratatotok untuk test dan simulasi Sidang Keliling secara Virtual.

Mengacu kepada Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan dan Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung RI No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, PA Tondano memberikan sebuah layanan yang menggabungkan antara sidang diluar gedung dengan sidang virtual. Layanan ini diinisiasikan karena para pencari keadilan di daerah tersebut yang belum bisa memiliki peralatan sendiri untuk melakukan sidang secara virtual.

Bahwa hasil dari test dan simulasi Sidang Virtual tersebut di Ratatotok memungkinkan untuk dilaksanakan sidang keliling secara Virtual walaupun ada beberapa kendala yang harus dihadapi yaitu daerah yang cukup terpencil sehingga jaringan internet yang kurang baik, kendala jaringan listrik yang kurang stabil dan cuaca yang cukup ekstrem.

Tinggalkan komentar