Pengadilan Agama Tondano

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TONDANO

  • Jalan Manguni, Nomor 85, Tondanu Utara, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara
  • patondano@gmail.com
  • (0431) 321584

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado kunjungi Pengadilan Agama Tondano

Hari ini Rabu 15 Juli 2020, pada pukul 09.30 WITA suasana di kantor Pengadilan Agama Tondano, nampak semakin ceria dan bahagia, karena kedatangan Tamu Istimewa yaitu Yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, Bapak Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H., dengan didampingi oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Manado, Bapak Sambudi, S.Ag., M.SI.

Sambil berbincang YM. Bapak KPTA bersama Ketua Pengadilan Agama Tondano Hj. Rukijah Madjid, S.Ag., M.H., serta keluarga besar PA. Tondano, kemudian beliau berkeliling kantor untuk melihat keadaan dan kondisi kantor (gedung) PA. Tondano, dilanjutkan dengan mengadakan pertemuan diruang Ketua Pengadilan Agama Tondano.

Tepat pukul 10.00 WITA, diadakan acara Pembinaan oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, Bapak Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H., dalam materinya YM. Ketua PTA Manado menyampaikan beberapa hal, diantara:

  1. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga PA. Tondano yang telah menyambut kehadirannya dengan penuh suka cita, keakraban, kekeluargaan dan kekompakan.
  2. Kunjungan beliau ke PA. Tondano sebagai bagian dari kunjungan silaturahmi serta pembinaan yang dilaksanakan terus menerus, oleh pimpinan PTA Manado di luar pengawasan reguler yang dilaksanakan oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah PTA Manado.
  3. Beliau mengimbau agar seluruh pegawai PA. Tondano bisa menikmati pekerjaan, meskipun terpisah dari keluarga atau dengan menempuh perjalanan jauh “karena sebagian pegawai PA. Tondano bertempat tinggal di daerah Manado”.
  4. Beliau mengingatkan kepada para hakim agar memahami KEPPH (Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim, sebagai ikatan bagi setiap pribadi hakim, begitu juga dalam pelayanan perlu diperhatikan aturan yang mengatur jangan sampai terjadi Unprofessional Conduct. Dalam setiap hasil keputusan selalu memuat yang namanya legal justice, sosial justice serta moral justice, sehingga memenuhi rasa keadilan setiap pencari keadilan.
  5. Apresiasi beliau juga kepada seluruh pegawai PA. Tondano yang kompak, tampak dari keseragaman pakaian baik warna dan terjadwal setiap hari. Beliau juga mengingatkan agar tetap mempertahankan prestasi yang telah diraih dengan tetap rendah hati, dengan cara menjaga kekompakan, kebersamaan, kerja keras dan penuh semangat.

Diakhir pembinaan, beliau juga mengingatkan bahwa Pengadilan disebut Pengadilan karena ada Hakim sebagai organ dalam memeriksa dan memutus perkara, yang didukung oleh Panitera serta Panmud, sehingga perlu dilengkapi fasilitas juga kebutuhannya oleh Sekretariat Pengadilan.

Demikian beberapa materi pembinaan YM. Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado yang terekam, kemudian acara tersebut di akhiri dengan ucapan terimakasih oleh Pimpinan dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Tondano atas arahan dan bimbingan dari YM. Bapak Ketua PTA Manado.