Pengadilan Agama Tondano

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TONDANO

BEDAH BERKAS DAN DISKUSI UMUM PTA MANADO WILAYAH 1

Tondano, 17 Juni 2021 Telah di laksanakan kegiatan Bedah Berkas dan Diskusi Umum se Pengadilan Tinggi Agama Manado wilayah 1. Acara tersebut berjalan selama 2 hari dan di laksanakan di Ruang Serbaguna Hotel Yama yang bertempat di Tondano. Sebagai tuan rumah acara, PA Tondano bekerja keras agar acara tersebut dapat berjalan lancar. Acara ini di hadiri oleh 5 pengadilan agama se sulawesi utara yaitu Pengadilan Agama Manado, Pengadilan Agama Tondano, Pengadilan Agama Tahuna, Pengadilan Agama Bitung, dan Pengadilan Agama Amurang. Acara ini dipimpin langsung oleh ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulut Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulut Drs. Hamdani S, S.H., M.H.I. 

Acara di buka dengan sambutan dari Ketua PTA Sulut Drs. H. Iskandar Paputungan. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa dalam konteks eksaminasi/bedah berkas harus memperhatikan segi formal, materiil dan administrasi. Bedah Berkas ini berfungsi untuk bertukar pikiran dan saling belajar bukan untuk bersaing apalagi saling mencari kesalahan. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil temuan pemeriksaan berkas secara bergantian selama 50 menit dengan rincian 15 menit paparan dan 10 menit tanggapan, begitu sebaliknya. Pada kesempatan tersebut narasumber diberi kesempatan menanggapi selama 10 menit pada sesi terakhir presentasi masing-masing kelompok. Kegiatan bedah berkas berakhir pada pukul 23.00 WITA dengan berkas PA Tondano yang di bedah oleh team dari PA Amurang. Acara bedah berkas di tutup dengan sambutan dari Wakil Ketua PTA Drs. Hamdani S, S.H., M.H.I. 

Di hari ke 2 acara diawali dengan sarapan bersama dan di lanjutkan dengan olahraga bersama. Setelah selesai acara olahraga bersama, peserta kemudian check out dan kembali ke Kantor masing-masing.