| WIB
  • Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tondano, Sulawesi Utara

Hakim Mediator Pengadilan Agama Tondano berhasil mendamaikan para pihak

Pengadilan Agama Tondano, Hari Senin, tanggal 14 Mei 2018 Hakim mediator Pengadilan Agama Tondano berhasil mendamaikan para pihak yang bersengketa dalam perkara cerai gugat.

Sampai bulan April kemarin sudah banyak perkara perceraian yang diterima di Pengadilan Agama Tondano untuk diselesaikan. Namun pada perkara Cerai Gugat dengan register perkara Nomor : 023/Pdt.G/2018/PA.Tdo dapat diselesaikan melalui mediasi oleh seorang Hakim Mediator Pengadilan Agama Tondano Ibu Sri Rahayu Damopolii, S.Ag.

Mediasi merupakan salah satu proses penyelesaian sengketa yang lebih cepat dan murah, serta dapat memberikan akses yang lebih besar kepada para pihak menemukan penyelesaian yang memuaskan dan memenuhi rasa keadilan. Proses mediasi ini dapat dikatakan baru dilaksanakan dalam Pengadilan Agama pada tahun 2007 berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung No. 1 tahun 2007 (PERMA No. 1/2007). Mediasi dilaksanakan saat Sidang Pertama yang dihadiri para pihak ( Pasal 11 ayat (1) PERMA No. 1 Tahun 2008).

Dalam proses mediasi tersebut Hakim mediator menyampaikan kembali kepada penggugat untuk memikirkan sekali lagi keputusannya untuk bercerai dari tergugat, karena tergugat memegang teguh keinginannya untuk mempertahankan hubungannya dengan penggugat. Selain itu, hakim mediator juga menyampaikan tentang masa depan anak nantinya. Dari sanalah penggugat tersentuh hatinya dan ingin berdamai dengan tergugat.Di akhir sesi, hakim mediator mengajak penggugat dan tergugat untuk berjabat tangan sebagai simbolis atas berdamainya para pihak.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

semua aparatur

Aparatur




Sidebar Menu


semua agenda

Agenda

semua download

Download

Jajak Pendapat

Bagaimanakah Layanan Informasi Kami?
Baik
Cukup
Kurang

Lihat
Hari ini: 134
Kemarin: 161
Minggu ini: 596
Bulan ini: 2242
Online: 134
Hits Hari Ini: 315
Total Hits: 595429