| WIB
  • Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tondano, Sulawesi Utara

MustRead close

Sidang Keliling Terpadu Isbat Nikah di Wilayah KUA Remboken Sukses Dilaksanakan

Hari selasa 23 Agustus 2016 bertempat di Masjid Attaqwa Kaima Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa dilaksanakan sidang isbat nikah 7 pasang suami isteri yang berjalan lancar.

Pada kesempatan tersebut ketua Pengadilan Agama Tondano, Drs. H. Mohamad Taufik, S.H., M.Si bersama jajarannya tim sidang keliling dan juga bersama Kementerian Agama Kabupaten Minahasa bersama tim hadir dalam acara tersebut.

Kementerian Agama Kabupaten Minahasa yang diwakili oleh Bapak Drs. H. Ismujiono, kasi Urais  dalam sambutannya menyambut baik kegiatan yang positif ini dan bisa ditindak lanjuti di tempat-tempat lainnya. Beliau menitipkan salam dari Kepala Kemenag Kabupaten Minahasa, Ibu Sonya Mongkau, SE yang sedang mendampingi jamaah haji Kabupaten Minahasa ke Balikpapan.

Ketua Pengadilan Agama Tondano dalam sambutannya, bahwa penduduk Indonesia umumnya dan penduduk kabupaten Minahasa khususnya, apalagi rakyat yang tidak mampu wajib mendapatkan hak-hak kependudukan serta mendapatkan layanan hukum serta kepastian hukum.

Undang-undang Nomor 50 tahun 2009 tentang Peradilan Agama pada Pasal 60 B dan 60 C Mewajibkan peradilan agama untuk memberikan layanan bantuan hokum bagi Masyarakat tidak  mampu.jo. Undang-undang Nomor 51 tahun 2009 pasal 144 C dan 144 D yang mengatur hak setiap orang yang tersngkut perkara untuk memperoleh bantuan hokum dan Negara menanggung biaya perkara bagi pencari keadilan yang tidak mampu. Dipertegas lagi dengan Perma nomor 1 tahun 2014 pasal 4 yang pertegas lagi dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2015,  yang menyatakan layanan bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu berupa: 1. Dilaksanakannya sidang keliling, 2. Pembebasan biaya perkara bagi masyarakat miskin, 3. Adanya Pos Bantuan Hukum;

Maka tujuan diadakannya sidang keliling terpadu terhadap perkara isbat nikah di Remboken ini adalah memberikan kemudahan Acces For Justice, memberikan  kepastian hukum atas perkawinan tujuh pasang suami isteri tersebut. Efek dari isbat nikah ini adanya Kepastian hukum terhadap status anak untuk memperoleh akta kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya.

Dalam acara tersebut telah diserahkan penetapan isbat nikah dan akta nikah secara simbolis terhadap pasasangan suami isteri yaitu Bapak Muhammad Yusuf Sarapil bin Martin Luther Sarapil dengan  Ibu Jamila Mukolo binti Bakari Mukolo, atas perkara Nomor :27/Pdt.P/2016/PA/Tdo. Penetapan isbat nikah diserahkan oleh Ketua Pengadilan Agama Tondano, Sedangkan Buku Nikah diserahkan Oleh Kepala KUA Remboken, Bpk. Muhammad Zaini Kyai Demak, S.Sos.

Berita Terkait

    Komentar via Facebook

    Kembali ke atas

    semua aparatur

    Aparatur




    Sidebar Menu


    semua agenda

    Agenda

    semua download

    Download

    Jajak Pendapat

    Bagaimanakah Layanan Informasi Kami?
    Baik
    Cukup
    Kurang

    Lihat
    Hari ini: 96
    Kemarin: 147
    Minggu ini: 598
    Bulan ini: 1993
    Online: 96
    Hits Hari Ini: 358
    Total Hits: 542492