| WIB
  • Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tondano, Sulawesi Utara

Presiden Rusia Meresmikan Masjid Terbesar di Eropa

 

Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan masjid megah yang dinamai Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet di Kota Moskow. Masjid yang mampu menampung 10.000 jamaah itu disebut yang terbesar di Eropa.

Masjid itu memiliki sejarah panjang dan makna penting bagi muslim Rusia. Masjid tersebut semula bernama masjid Katedral yang telah berusia 111 tahun, tepatnya dibangun pada tahun 1904 silam.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, Kamis (24/9/2015) Masjid Katedral memiliki peran penting dalam sejarah umat Islam tidak hanya Moskow, tetapi juga di Uni Soviet dan Rusia.

Dalam sejarahnya, sejak akhir 1890-an komunitas muslim telah mulai mengusulkan kepada otoritas kota agar menyetujui pembangunan masjid di Mokskow. Akhirnya, otoritas Kota Moskow mengizinkan pembangunan masjid pada Desember 1903. Pembangunan Masjid Katedral dikerjakan oleh arsitek Nickolay Alekseevich Zhukov dalam gaya Bizantium dan dapat menampung 2000 jamaah.

Seiring kian banyaknya jamaah, Masjid itu kemudian dirobohkan untuk diperbesar pada September 2011 lalu. Pembangunan masjid itu memakan waktu sekitar 4 tahun dan diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Berita Terkait

    Komentar via Facebook

    Kembali ke atas

    semua aparatur

    Aparatur




    Sidebar Menu


    semua agenda

    Agenda

    semua download

    Download

    Jajak Pendapat

    Bagaimanakah Layanan Informasi Kami?
    Baik
    Cukup
    Kurang

    Lihat
    Hari ini: 148
    Kemarin: 161
    Minggu ini: 610
    Bulan ini: 2256
    Online: 148
    Hits Hari Ini: 383
    Total Hits: 595497