| WIB
  • Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tondano, Sulawesi Utara

Juknis Dirjen Terbit, PA Tondano Laksanakan DDTK Portal Tabayun Online

Tondano l pa-tondano.go.id

November 2013 lalu badilag melakukan inovasi dengan diluncurkannya (launching) portal tabayun online dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Portal tersebut selanjutnya diujicobakan untuk mengetahui manfaat dan kendala penggunaan maupun dalam penerapan sehingga bisa dilakukan evaluasi serta penyempurnan. Walhasil, melihat begitu besar manfaat keberadaan portal tersebut Dirjen Badilag tanggal 15 Agustus 2014 menerbitkan surat keputusan nomor 2273.a/DjA/KP.01.1/SK/VIII/2014 tentang petunjuk teknis pelaksanaan dan pemanfaatan portal tabayun dilingkungan Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Terbitnya surat keputusan ini tentunya patut disyukuri sebab kehadirannya begitu dinantikan oleh setiap satker dilingkungan badilag. Hal ini dikarenakan dengan keluarnya surat keputusan tersebut, pemanfaatan portal tabayun ini mendapat landasan dalam pelaksanaan.

Berpedoman pada keputusan dirjen serta untuk optimalisasi pemanfaatan portal tabayun, Pengadilan Agama Tondano Rabu pagi (03/09) melaksanakan diklat di tempat kerja (DDTK). Difasilitatori oleh admin IT PA Tondano, kegiatan DDTK ini dibuka secara resmi oleh Dra. Hj. Nurlinah K, S.H. selaku Ketua PA Tondano.

Dalam sambutannya, ketua PA Tondano mengapresiasi pelaksanaan DDTK ini. Selain itu, beliau mengharapkan kepada jurusita dan jurusita pengganti yang memang menjadi sasaran kegiatan ini untuk dapat mengikuti DDTK ini secara serius, agar implementasi pemanfaatan portal tabayun nantinya dapat berjalan secara efektif.

"Proses kerja hakim dalam persidangan sangat bergantung dan tidak bisa lepas dari peran penting mobilitas, kecekatan serta ketelitian saudara-saudara (jurusita/jurusita pengganti)" ujar ibu ketua menyemangati.

Oleh admin IT Ibrahim Yusuf, S.E., kegiatan DDTK ini dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama dilakukan pendalaman fitur dan setiap menu yang terdapat diportal sebagaimana lampiran tutorial dalam surat keputusan Dirjen Badilag. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan tahapan praktek penggunaan portal. Meski masih terdapat beberapa menu portal yang belum bisa dimanfaatkan, hal tersebut tidak menghalangi pelaksanaan ataupun mengurangi kualitas kegiatan DDTK.

Hasil dari penyelenggaraan DDTK ini diharapkan Jurusita/jurusita pengganti sebagai operator portal dapat lebih memahami fitur serta pengoperasian menu portal tabayun termasuk didalamnya proses pemindaian (scanning) surat permohonan bantuan panggilan/pemberitahuan dan surat gugatan/permohonan serta resi pengiriman biaya panggilan, proses pengunggahan (upload), proses pengunduhan (download) serta melakukan pemantauan proses tabayun masuk dan keluar.

(You)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

semua aparatur

Aparatur




Sidebar Menu


semua agenda

Agenda

semua download

Download

Jajak Pendapat

Bagaimanakah Layanan Informasi Kami?
Baik
Cukup
Kurang

Lihat
Hari ini: 12
Kemarin: 102
Minggu ini: 227
Bulan ini: 2460
Online: 12
Hits Hari Ini: 29
Total Hits: 416044